MEMBENTUK MANUSIA BERPARADIGMA QUR’ANI MELALUI TAFAKUR AYAT-AYAT ALLAH

Authors

  • Abdul Waris Marsyam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

DOI:

https://doi.org/10.46870/jstain.v3i2.499

Keywords:

Paradigma Al Qur’an, Tafakur Ayat Ayat Allah, Manusia Literat

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang upaya pembentukan manusia yang berparadigma qur’ani melalui tafakur ayat-ayat Allah, yakni: ayat-ayat Qauliyah, Afaqiyah dan Anfusiyah yang terkandung dalam QS. Fussilat [41]: 53. Cara pandang manusia modern yang dikenal dengan paradigma sains modern, turut andil dalam melahirkan kemerosotan moral manusia modern-kontemporer dan krisis ekologi global yang berdampak pada bencana alam di abad ke-21. Dari sini terlihat pentingnya reintegrasi ilmu atau sains modern dengan agama yang didasarkan pada wahyu al-Qur’an untuk melahirkan kembali manusia literat dan berparadigma qur’ani. Dengan menggunakan metode deskriptif-analitis, artikel ini menyimpulkan bahwa Tafakur ayat-ayat Allah baik ayat-ayat qauliyah (al-Qur’an), afaqiyah (alam raya) dan anfusiyah (diri manusia) merupakan suatu metode dalam pembentukan manusia yang berparadigma al-Qur’an (Qur’anic theory building) yang digunakan dalam memahami realitas dan mengantarkan seseorang pada realitas tertinggi, yakni Sang Maha Benar (al-Haqq). Dalam aplikasinya, perumusan paradigma al-Qur’an dapat dilakukan melalui tiga tahapan, yakni tahapan pembacaan, pemahaman dan pengamalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahimsa, Heddy Shri. Paradigma Profetik: Mungkinkah? Makalah yang disampaikan dalam “Sarasehan Profetik 2011” diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana UGM di Yogyakarta 10 Februari 2011.

Arkoun, Muhammad. Nalar Islami dan Nalar Modern: Berbagai Tantangan dan Jalan Baru. Terj. Rahayu S. Hidayat. Jakarta: INIS, 1994.

Azizah, Nur. “Hubungan Ilmu dan Agama dalam Perspektif Islam Telaah Pemikiran Kuntowijoyo” dalam Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan sains, Vol. 1, September 2018.

al-Baqli, Ruzbahan. ‘Ara’is al-Bayan fi Haqa’iq al-Qur’an. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 2008.

al-Bursawi, Ismail Haqqi, Tafsir Ruhul Bayan, Vol. 8. Beirut: Dar Ihya’ Turas al-‘Arabi, T.th.

al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad. Ihya Ulumuddin. Beirut: Dar Ibn Hazm, 2005.

al-Haralli, Abu Hasan. “al-Tawsyiah wa al-Tawfiyah” dalam Muhammadi Ibn Abdul Salam al-Khayyati, Turas Abi Hasa al-Haralli al-Marrakasyi fi al-Tafsir. (Dar al-Baidha’: Matba’ah al-Najah al-Jadidah, t.th.

Al-Jurjani. al-Ta’rifat. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

al-Qusyairi, Imam. Lata’if al-Isyarat: Tafsir Sufi al-kamil li al-Qur’an al-Karim, Vol. 3 .Cairo: al-Hay’ah al-Misriyyah al-‘Ammah li al-Kitab, 2000.

Badan Nasional Penanggulan Bencana. BNPB Verifikasi Kejadian Bencana Sepanjang Tahun 2021. https://bnpb.go.id/berita/bnpb-verifikasi-5-402-kejadian-bencana-sepanjang-tahun-2021. Diakses pada tanggal 30 September 2022.

Badan Pusat Statistik, Statistik Kriminal 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2021.

Bakar, Osman. “Sains” dalam Seyyed Hossen Nasr dan Oliver Leaman, Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam, Vol. 2. Bandung: Mizan, 2003.

Capra, Fritjof. Jaring-jaring Kehidupan: Visi Baru Epistemologi dan Kehidupan, terj. Saut Pasaribu. Yogyakarta: Fajar Pustaka, 2001.

Hickel, Jason dkk. “National Responbility for Ecological Breakdown: a Fair-shares Assesment of Resource Use, 1970-2017” dalam jurnal The Lancet Planetary Health, Vol. 6, April 2022.

Kuntowijoyo, Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan, 1993.

Nasr, Seyyed Hossein. Antara Tuhan, Manusia dan Alam, Terj. Ali Noer Zaman. Yogyakarta: IRCiSoD, 2021.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah: Pesan, kesan dan Keserasian al-Qur’an, Vol. 12. Ciputat: Lentera Hati, 2017.

Syarif, ‘Amru. “Wahm al-Ilhad” dalam Majallah al-Azhar No. 4, Desember 2013

Transparency International. Corruption Perceptions Index 2021. https://www.transparency.org/en/cpi/2021/index/prk. Diakses pada tanggal 30 September 2022, 20.40

Wahyuni, Herpita dan Suranto. “Dampak Deforestasi Hutan Skala Besar Terhadap Pemanasan Global di Indonesia” dalam Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, Vol. 6, No. 1, Maret 2021.

Downloads

Published

30-12-2021

How to Cite

Abdul Waris Marsyam. (2021). MEMBENTUK MANUSIA BERPARADIGMA QUR’ANI MELALUI TAFAKUR AYAT-AYAT ALLAH . AL-MUTSLA, 3(2), 120–127. https://doi.org/10.46870/jstain.v3i2.499