STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.46870/jstain.v2i2.40Keywords:
Strategi Kepemimpinan, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini berkenaan dengan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalkan kinerja guru di SMK Negeri I Biromaru. Maka, uraiannya berdasarkan pada permasalahan bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalkan kinerja guru di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Biromaru?, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, melalui observasi dan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang optimal, meningkatkan kualitas Guru SMK Negeri I Biromaru. Usaha ini dilakukan melalui empat program strategi kepemimpinan kepala sekolah, yaitu: (1) pembinaan tanggung jawab guru, yang menghasilkan guru yang bertanggung jawab sebagai pengajar, sebagai pembimbing, dan guru sebagai administrator kelas, (2) program pelaksanaan kegiatan pembelajaran, menghasilkan guru yang bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi, ketepatan metode yang digunakan, penguasaan kelas, dan sikap. (3) program pembinaan kedisiplinan guru, yang menghasilkan guru yang disiplin dalam hal efektivitas waktu, dan (4) program pembinaan komitmen guru, yang menghasilkan keaktifan guru dalam mengajar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 AL-MUTSLA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.