Urgensi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Rahmat, R Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar
  • Andi Abdul Hamzah UIN Alauddin Makassar
  • Kamaluddin Abu Nawas UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.46870/jstain.v7i1.1660

Keywords:

AI, Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran Bahasa Arab sebagai respons atas tantangan pembelajaran konvensional yang masih dominan di lembaga pendidikan. Pembelajaran Bahasa Arab kerap menghadapi kendala metode yang kurang komunikatif, rendahnya keterlibatan siswa, serta minimnya media pembelajaran yang kontekstual dan digital. Studi ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan dengan menganalisis berbagai literatur ilmiah terkait peran dan fungsi AI dalam pendidikan, khususnya pembelajaran Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI mampu memberikan solusi inovatif, antara lain melalui personalisasi pembelajaran, pemberian umpan balik real-time, pengembangan aplikasi berbasis suara, serta pemanfaatan Natural Language Processing dalam koreksi bahasa. AI juga terbukti meningkatkan motivasi, partisipasi, dan hasil belajar siswa secara signifikan. Namun, tantangan implementasi seperti biaya, resistensi pendidik, dan keterbatasan data masih perlu ditangani. Kesimpulannya, AI bukan sekadar alat bantu teknis, tetapi dapat menjadi katalisator transformasi pembelajaran Bahasa Arab yang lebih efektif, adaptif, dan relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru, integrasi AI dalam kurikulum, serta penelitian lanjutan terkait dampak jangka panjang penerapan AI terhadap penguasaan Bahasa Arab secara holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliya Haq. "Students’ interest in Arabic language learning: the roles of teacher." (2021).

Azis, M. “Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 6, no. 1 (2023): 15–27.

Fahmi, Muhamad, dan Syifaul Adhimah. Peran Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Peluang dan Tantangan. Journal of Practice Learning and Educational Development 4, no. 4 (2024): 330–336. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i4.320.

Fauzi, Rifqi Ahmad, Andrean Wahyudi, and Andi Komarudin. Peran AI dalam Pembelajaran Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional, Universitas Negeri Surabaya, 2023.

Fitrah, M. A., M. Alfarizzy, Depriyanto, and U. Machmudah. “Aplikasi Artificial Intelligence Al-Qalam dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Mahāraṭ al-Kitābah); Peluang dan Tantangan.” Jurnal Ilmiah Al-Mashadir 4, no. 2 (2024).

Fitri, Wildani Aulia, and Muqita Hanifah Hasanah Dilia. "Optimalisasi Teknologi AI dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran." Cendikia Pendidikan 5, no. 11 (2024): 11–20.

Ilham, M. R., Saepudin, Herdah, Darmawati, and K. Ramli. “Penggunaan Media Teknologi Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab di PPM Rahmatul Asri.” Journal on Education 7, no. 1 (2024): 3922–3933.

Jamil, Husnaini, dan Nur Agung. “Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif.” Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (2022): 39–51. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5536.

Kibari, Muhammad Abbassalam, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, and Hamsi Mansur. "Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Pictory.AI pada Mata Kuliah Manajemen Koperasi dan UMKM." Didaktika: Jurnal Kependidikan 12, no. 4 (2023): 867–880.

Komarudin, Andi, Andrean Wahyudi, Erie Abdan Amirullah Faqih, Farhan Fadhillah, Hasbi Pandiani, Muhammad Al Fathir Shaumi, Muhammad Berlian Wahyu Saputra, Muhammad Ihsan Fauzi, Rifqi Ahmad Fauzi, Wizri Fauzi Arif, and Ahmad. Peran AI dalam Pendidikan. Jurnal APPA 1, no. 5 (2024): 379–385.

Lutfiyatun, E., D. Kurniati, and N. Fajriah. “Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Gramatikal, Tarjamah dan Muhadatsah di Perguruan Tinggi.” Jurnal Seulanga Balai Diklat Keagamaan Aceh 2, no. 2 (2023): 93–102.

Mahbubi, Abdillah. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional dan Kontemporer (Analisis Komparatif).” Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 9, no. 1 (2024): 107–132.

Maitreconference-A- Zenkoufi, Fouzia Bent Mahmoud, Dr. Korzet Najima, Bent Abd and Elkader. "Sociological analysis to the communicative technological system." (2023).

Mohamad Fathie Mohamad Zaki, Ummi Syarah Ismail, Amizura Hanadi Mohd Radzi and Nadhilah Abdul Pisal. "Teaching Methods of Arabic Language Grammar Lessons Among Arabic Teachers at Religious Secondary Schools in Malaysia." Theory and Practice in Language Studies (2024). https://doi.org/10.17507/tpls.1410.11.

Mukti, Fery Hendra. "e-Portofolio AI untuk Pembelajaran Mandiri." PROMAG IPS: Prosiding Magister Pendidikan IPS 1 (2024): 1–12.

Ricardo Silva Peres, Xiaodong Jia, J. Lee, K. Sun, A. Colombo and José Barata. "Industrial Artificial Intelligence in Industry 4.0 - Systematic Review, Challenges and Outlook." IEEE Access, 8 (2020): 220121-220139. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3042874.

S. Zain. "Digital transformation trends in education." (2021): 223-234. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-822144-0.00036-7.

Temitayo Shenkoya and Euiseok Kim. "Sustainability in Higher Education: Digital Transformation of the Fourth Industrial Revolution and Its Impact on Open Knowledge." Sustainability (2023). https://doi.org/10.3390/su15032473.

Yahya, Septiani Nurcahyani, Anita Aurelia, Faadhilatu Rahmatillah, Seni Yanti Waruwu, and Novita Amelia. "Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan Ekonomi." Jurnal Disrupsi Bisnis 7, no. 6 (2024): 823–830. https://doi.org/10.32493/drb.v7i6.46279.

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

Rahmat, R, Andi Abdul Hamzah, & Kamaluddin Abu Nawas. (2025). Urgensi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL-MUTSLA, 7(1), 241–259. https://doi.org/10.46870/jstain.v7i1.1660