Peran Media Sosial dalam Pengembangan Literasi Islam dikalangan Mahasiswa Universitas Qomaruddin
Keywords:
Literasi keislaman, Media sosial, Literasi digital, Mahasiswa, Perguruan tinggi swastaAbstract
Penelitian bertujuan mengeksplorasi dinamika pemanfaatan media sosial untuk pengembangan literasi keislaman, mengidentifikasi pola konsumsi, dan merumuskan strategi optimalisasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, FGD, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terhadap 40 mahasiswa. Hasil menunjukkan 82% mahasiswa mengakses konten keislaman setidaknya 5 kali seminggu dengan preferensi pada format audiovisual pendek (68%). Media sosial berperan paradoksal—memperluas wawasan namun cenderung menyederhanakan ajaran Islam. Mahasiswa berlatar belakang pesantren memiliki kemampuan lebih baik dalam menyaring konten. Diperlukan pengembangan kurikulum terintegrasi, pelatihan literasi digital keislaman, dan pembentukan komunitas belajar untuk mengoptimalkan peran media sosial dalam pengembangan literasi keislaman yang komprehensif.
Downloads
References
Adawiyah, Yasfi Robiatul, Neng Windayani, Ade Yeti Nuryantini, Tri Wahyu Agustin, dan Chaerul Rochman. 2024. “Analisis Hubungan Literasi Halal Dengan Konsumsi Makanan Siap Saji.” Jurnal Ilmiah Pangan Halal 6 (1): 1–9. https://doi.org/ 10.30997/jiph.v6i1.11579.
Eryandi, Eryandi. 2023. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pendidikan Karakter di Era Digital.” Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam 1 (1): 12–16. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i1.27.
Hajri, Muhammad Fatkhul. 2023. “Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21.” Al-Mikraj : Jurnal Studi Humaniora 4 (1): 33–41.
Ichwan, Moh Nor, Faizal Amin, Abdullah Khusairi, dan Bob Andrian. 2024. “Digitalization and the shifting religious literature of Indonesian Muslims in the Era of Society 5 . 0.” Islamic Communication Journal 9 (2): 245–65.
Lisyawati, Elis, Mohsen Mohsen, Umul Hidayati, dan Opik Abdurrahman Taufik. 2023. “Literasi Digital Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 21 (2): 224–42. https://doi.org/10.32729/edukasi.v21i2.1618.
Mohamad Jaenudin. 2023. “Social Learning Analysis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Sumber Digital dan Sistem Evaluasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12 (02): 1–20. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3243.
Nabilah, Najwa Ainun, dan Muhammad Rifa. 2024. “Pemanfaatan Media Sosial Snack Video sebagai Media Dakwah.” Mu’ashir: Jurnal Dakwah & Komunikasi Islam 2 (2): 299–318.
Nurpratiwi, Suci. 2020. “Urgensi Literasi Agama dalam Era Media Sosial.” Proceeding The 1st Annual Conference on Islamic Education (ACIED), no. March, 98.
Rachmadhani, Arnis. 2021. “Otoritas Keagamaan di Era Media Baru.” Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat 5 (2): 150–69. https://doi.org/10.14421/panangkaran. v5i2.2636.
Sihabudin, Dede, Eko Carles, Idi Warsah, dan Zepri Hiptraspa. 2024. “Transformasi Dakwah Islam Melalui Strategi Dan Implementasi di Era Digital.” Jurnal Khabar: Komunikasi dan Penyiaran Islam 6 (2): 97–108.
Ummah, Nurul Hidayatul. 2023. “Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital.” Jurnal Manajemen Dakwah 11 (1): 151–69. https://doi.org/10.15408/jmd.v11i1.32914.
Wulandari, Virani, Gema Rullyana, dan Ardiansah Ardiansah. 2021. “Pengaruh algoritma filter bubble dan echo chamber terhadap perilaku penggunaan internet.” Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi 17 (1): 98–111. https://doi.org/ 10.22146/bip.v17i1.423.
Yusuf, M. 2023. “Pendidikan Agama Islam di Era Post-Truth dan VUCA: Mengembangkan Kritisisme dan Keterampilan Pemikiran Kritis.” Kartika: Jurnal Studi Keislaman 3 (2): 111–24. https://doi.org/10.59240/kjsk.v3i2.46.
Zalfa, Anastya, Azril Mohsen Esmali, dan Niam Lestari Pane. 2022. “Dampak Konten Dakwah Media Sosial Terhadap Perkembangan Religiusitas Mahasiswa PAI.” AL-IDZAAH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 4 (01): 1–13. https://doi.org/10.24127/al-idzaah.v4i01.1709.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AL-MUTSLA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.