Menangkal Pemahaman Radikal dan Fundamental Ideologi Transnasional Melalui Pendidikan Islam
Menangkal Pemahaman Radikal dan Fundamental Ideologi Transnasional Melalui Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.46870/jstain.v6i2.1164Keywords:
Radikal, Fundamental, Transnasional, Pendidikan IslamAbstract
Islam, yang dikenal sebagai agama rahmatan lilalamin dan mayoritas dianut oleh masyarakat Indonesia, menghadapi berbagai tantangan dalam konteks keberagamaannya. Salah satu masalah utama adalah munculnya ideologi transnasional yang memicu tindakan terorisme, sering kali didasarkan pada pemahaman radikal dan fundamental terhadap Islam. Untuk memahami isu ini, penulis menggunakan penelitian pustaka fenomologi dengan mengkaji pemikiran para cendekiawan, buku dan artikel jurnal ilmiah, peraturan dan kebijakan pemerintah, serta berita terkait radikalisme ideologi transnasional di Indonesia. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pencegahan dan penanggulangan radikalisme ideologi transnasional yang efektif bisa dimulai dari pengajaran Islam di madrasah, sekolah, pondok pesantrean, dan lembaga pendidikan formal maupun nonformal lainnya. Dengan ratusan ribu jumlah lembaga pendidikan Islam di Indonesia, memiliki peran penting dalam membina anak-anak dan remaja Muslim melalui penekanan prinsip wasatiyah atau moderat dalam setiap kegiatan belajar mengajarnya
Downloads
References
Ahmad Syafi’I Mufid. 2011. Perkembangan Paham Keagamaan Transnasional Di Indonesia Puslitbang Kehidupan Keagamaan.
Azra, Azyumardi., and Idris. Thaha. 2005. “Dari Harvard Hingga Makkah,” 204.
Eliana Sar. 2016. “The Role Of Environmental Management Education In Islamic Boarding Schools (Pesantren) In Preventing The Radicalism Of Students In Indonesia.” International Journal of Education and Research 4 (7).
“EMIS | Dashboard | Pendis Kemenag.” n.d.
“HAM Dan Politik Internasional: Sebuah Pengantar - Google Buku.” n.d.
“Ideologi Transnasional Ancam Persatuan Indonesia.” n.d.
“Indonesia Dalam Ancaman Serius Dua Ideologi Transnasional.” n.d.
“Kemendagri: UU Ormas Akan Direvisi - News Liputan6.com.” n.d.
Mahfudz, Muhsin. 2013. “Deradikalisasi Ideologi Gerakan Islam.” Harmoni 1 (1): 30. https://doi.org/10.24252/vp.v1i1.8099.
Mohammad Syaifuddin. 2021. “Strategi Manajemen Struktur Kurikulum Integratif Di MAN Insan Cendekia Pekalongan.” Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam 16 (1): 39–52. https://doi.org/10.32923/TAW.V16I1.1617.
Mohammad Syaifuddin, Ahmad Taufiq. 2020. “Strategi Mindset System Belajar Kritis Komprehensif.” La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam 12 (1): 94–113. https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/latahzan/article/view/87.
Munip, Abdul. 2012. “Menangkal Radikalisme Agama Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Islam 1 (2): 159–81. https://doi.org/10.14421/JPI.2012.12.159-181.
Nizmi, Yusnarida Eka. 2018. “Power Dan Aktivisme Transnasional Dalam Studi Hubungan Internasional.” Jurnal Sosial Dan Humaniora 3 (5): 665–80. https://doi.org/10.47313/ppl.v3i5.401.
Noor, Irfan. 2011. “Islam Transnasionaldan Masa Depan NKRI: Suatu Perspektif Filsafat Politik.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 10 (1): 1. https://doi.org/10.18592/jiu.v10i1.742.
Nur Syam. 2008. “Tantangan Multikulturalisme Indonesia : Dari Radikalisme Menuju Kebangsaan,” 263.
“Pangkalan Data Pondok Pesantren.” n.d.
“Portal Data Kementerian Agama.” n.d.
“Prosiding Kongres Pancasila VI: Penguatan, Sinkronisasi, Harmonisassi ... - Sudjito, Zeth Sahuburua, Isnawan, Sri-Edi Swasono, Thomas Pentury, Asep Saefuddin, Kaelan, Karel Albert Ralahalu, Aholiab Watloly - Google Buku.” n.d.
“Radikalisme Islam Menyusup Ke SMU - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Official Website.” n.d.
Ridlwan, Mujib. 2013. “Revitalisasi Peran Profetik Pesantren Dalam Membendung Radikalisme Agama.” Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 3 (1): 2–2. https://doi.org/10.36835/HJSK.V3I1.364.
Riyadi, Abdul Kadir, and Masdar Hilmy. 2011. “Akar-Akar Transnasionalisme Islam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).” Islamica: Jurnal Studi Keislaman 6 (1): 1–13. https://doi.org/10.15642/ISLAMICA.2011.6.1.1-13.
Suharto, Toto. 2014. “Gagasan Pendidikan Muhammadiyah Dan NU Sebagai Potret Pendidikan Islam Moderat Di Indonesia.” Islamica: Jurnal Studi Keislaman 9 (1): 81–109. https://doi.org/10.15642/ISLAMICA.2014.9.1.81-109.
Suharto, Toto, and Ja’far Assagaf. 2014. “Membendung Arus Paham Keagamaan Radikal Di Kalangan Mahasiswa PTKIN.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 14 (1): 157–80. https://doi.org/10.21154/AL-TAHRIR.V14I1.72.
Syaifuddin, Mohammad, Uin K H Abdurrahman, Wahid Pekalongan, and Ahmad Taufiq. 2023. “Study of Moderation Verses in the Perspective of Nusantara Tafsir.” Aqwal: Journal of Qur’an and Hadis Studies 4 (2): 138–56. https://doi.org/10.28918/AQWAL.V4I2.1711.
“Upaya NU Dan Muhammadiyah Berantas Radikalisme Dan Extremisme Tuai Apresiasi Dari Publik Norwegia.” n.d.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AL-MUTSLA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.