KEPEMIMPINAN PEREMPUAN: STUDI TENTANG PEMIKIRAN PROGRESIF TOKOH MUSLIMAH MANADO TENTANG HADIS MISOGINIS

Authors

  • St. Nur Syahidah Dzatun Nurain Insitut Agama ISlam Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.46870/jstain.v5i2.1094

Keywords:

Interpretasi, Tokoh Muslimah, Kepemimpinan Perempuan

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemikiran progresif para tokoh Muslimah di Manado terhadap hadis-hadis yang sering dikategorikan sebagai misoginis, dengan fokus pada isu kepemimpinan perempuan. Penelitian ini melibatkan 12 tokoh Muslimah yang aktif dalam organisasi keagamaan terkemuka seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muslimat NU Manado, Aisyiah, dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT). Para tokoh tersebut juga memiliki peran penting dalam membina majelis taklim dengan aktivitas kajian yang terstruktur dan teratur. Dengan menggunakan teori hermeneutika, teori Mubadalah  dan  interpretasi tekstual-kontekstual, penelitian ini mengungkapkan bahwa para tokoh Muslimah tersebut memahami hadis-hadis yang terkait dengan kepemimpinan perempuan sejalan dengan teori hermeneutika understanding, kontekstual dan Mubadalah , dengan mempertimbangkan perkembangan zaman dan asbab al-wurud hadis mereka berpendapat bahwa hadis Ratu Kisra tidak dimaksudkan untuk mendiskriminasi perempuan, melainkan harus dipahami sebagai peringatan agar kepemimpinan dipegang oleh individu yang memiliki kapasitas dan kompetensi yang memadai, terlepas dari jenis kelamin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmaliyah, Akmaliyah, and Khomisah Khomisah. 2020. “Gender Perspektif Interpretasi Teks Dan Kontekstual.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender 19 (1): 50. https://doi.org/10.24014/marwah.v19i1.9429.

Al-’Asqalany, Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar. 1368. Nuzat Al-Nazar Nuhbat Al-Fikriy. Kairo: Mathba’ah Istiqamah.

Al-Gazali, Muhammad. 2001. Qadaya Al-Mar’ah Bayn Al-Taqalid Al-Rakidah Wa Al-Wafidah, Terj. Zuhairi Misperiwayat, Mulai Dari Rumah: Perempuan Muslim Dalam Pergumulan Tradisi Dan Modernisasi. Cet. I. Bandung: Mizan Media Utama.

Al-Hambali, Abu al-Falah Abd. Al-Hayyi bin al-Imad. 1979. Syadzrat Al-Dzahab Fi Akbar Man Dzahab. Bairut: Dar al-Fikr.

Al-Mubarakfuri, Muhammad bin Abdurrahman. n.d. Tuhfat Al-Ahwadzi Bisyarhi Jami’i at-Tirmidzi. Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Alfi Aliyah, Siti, and Raihan Safira Aulia. 2022. “Metode Qira’ah Mubadalah Pada Kasus Kepemimpinan Perempuan.” An-Nida’ 46 (2): 174. https://doi.org/10.24014/an-nida.v46i2.20860.

Bahar, M Syaeful. 2009. “Pembatasan Kepemimpinan Perempuan (Kritik Terhadap Hadist Misoginis).” Muwâzâh 1 (2): 127–34.

Baidan, Nasruddin. 1999. Tafsir Bil Ra’yi (Upaya Penggalian Konsep Perempuan Dalam Al-Qur’an). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Fudhaili, Ahmad. 2021. “Pemikiran Progresif Mahasiswa Terhadap Hadis-Hadis Misoginis (Studi Kasus Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).” Refleksi 20 (1): 73–96. https://doi.org/10.15408/ref.v20i1.19586.

Ghummiah, S M. 2023. “Qira’Ah Mubadalah Sebagai Dialektika Penafsiran Ayat-Ayat Nusyūz Di Era Kontemporer.” Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an … 8 (02): 359–74. https://doi.org/10.30868/at.v8i02.5321.

Haitomi, Faisal. 2021. “Reinterpretasi Hadis Ketaatan Istri Terhadap Suami Perspektif Qira’ah Mubadalah .” Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Al-Hadits 15 (2): 209–26. https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v15i2.9764.

Hakim, Muhammad Lutfi. 2020. “Hermeneutik-Negosiasi Dalam Studi Fatwa-Fatwa Keagamaan: Analisis Kritik Terhadap Pemikiran Khaled M. Abou El Fadl.” Istinbath 19 (1): 27–52. https://doi.org/10.20414/ijhi.v19i1.204.

Hitti, Philip K. 1974. History of the Arab. London: The Macmillan Press Ltd.

Ismail, M. Syuhudi. 2009. Hadis Nabi Yang Tekstual Dan Kontekstual. Jakarta: Bulan Bintang.

Karsela. 2020. “Perlindungan Terhadap Kerugian Dropshipper Perspektif Wahbah Az-Zuhaili (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Hukum.” universitas islam negeri sumatera utara.

Kodir, Faqihuddin Abdul. 2019. Qira’ah Mubadalah . Yogyakarta: IRCiSoD.

KRISDIANA, PUTRI. 2021. “Argumentasi Dan Posisi Fatima Mernissi Dalam Menjelaskan Hadis Misogini.” Maqosid: Jurnal Studi Keislaman Dan Hukum Ekonomi Syariah 9 (02): 13–28.

Mahmud bin al-Syarief. n.d. Al-Qur’an Wa Dunya Al-Ma’rifat. Kairo: Dar al-Kutub.

Mernissi, Fatimah. 1991. The Veil and The Male Elite A Feminist Interpretation of Womens’s Rights in Islam. Perseus Books Publishing.

Muhammad, Husain. n.d. Kepemimpinan Perempuan Dalam Islam. Jakarta: JPPR.

Muhammad, Husein. n.d. “Membongkar Konsepsi Fiqh Tentang Perempuan.” In Kepemimpinan Perempuan Dalam Islam.

Muhtadin, Ade Marhamah. 2019. “Hadits Misoginis Perspektif Gender Dan Feminisme.” At-Tibyan 2 (2): 16–34. https://doi.org/10.30631/atb.v2i2.1.

Muhtador, Moh. 2018. “Gagasan Riffat Hasan Tentang Kritik Gender Atas Hadis Misoginis.” Rausyan Fikr: Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin Dan Filsafat 13 (1): 73–95. https://doi.org/10.24239/rsy.v13i1.91.

Muhtador, Mohammad. 2018. “Memahami Hadis Misoginis Dalam Perspektif Hermeneutika Produktif Hans Gadamer.” Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis 6 (02): 257. https://doi.org/10.24235/diyaafkar.v6i02.3787.

Mukaromah, Kholila. 2020. “Wacana Kesetaraan Gender Dalam Meme Hadis: Studi Etnografi Virtual Pada Akun Instagram @Mubadalah .Id.” Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith 10 (2): 292–320.

Munawar, Said Aqil. n.d. “Membongkar Penafsiran Surat Al-Nisa Ayat 1 Dan 34.” In Kepemimpinan Perempuan Dalam Islam, 18. Jakarta: Rosdakarya.

Nasruloh, Mochomad Nadif, and Taufiq Hidayat. 2022. “Budaya Patriarki Dalam Rumah Tangga (Pemahaman Teks Al-Qur’an Dan Kesetaraan Gender).” YUDISIA : Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam 13 (1): 139. https://doi.org/10.21043/yudisia.v13i1.14325.

Norhasnira, Ibrahim, Yabi Shamsudin, and Hamisan Khair Nur Saadah. 2018. “Analisis Terhadap Hadith Tentang Penyamatarafan Wanita Dan Haiwan: Ulasan Dan Kritikan.” Journal of Hadith Studies 3 (1): 10–18.

Novianti, Ida. 2008. “Dilema Kepemimpinan Perempuan Dalam Islam.” Jurnal Studi & Anak 3 (2): 255–61.

Nurain, St. Nur Syahidah Dzatun. 2022. “Tipologi Periwayatan Hadis Ummahat Al-Mu’minin.” Aqlam: Journal of Islam and Plurality 07.

Qardawy, Yusuf. 2007. Mib Fiqh Al-Daulah Fi Al-Islam, Diterjemahkan Oleh Kathur Suhardi Dengan Judul Fiqih Daulah Dalam Persfektif Val-Qur’an Dan Sunnah. Jakarta: Pustaka al-Kausar.

Rauf, Rusmin Abdul, and Ummi Farhah. 2020. “Kritik Terhadap Kajian Hadis Feminis Islam.” Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis 11 (2): 102–11. https://doi.org/10.24252/tahdis.v11i2.17087.

Sakinah, N. 2019. “Pemahaman Kiai Pesantren Lasem Terhadap Hadis-Hadis Misoginis.” http://eprints.walisongo.ac.id/9959/%0Ahttp://eprints.walisongo.ac.id/9959/1/Revisi Tesis.pdf.

Shadily, Hassan. 1980. Ensiklopedia. Jakarta: Ikhtiar Baru.

Shihab, Muhammad Quraish. 1996. Wawasan Al-Qur’ân: Tafsir Mawdhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat. Cet III; Bandung: Mizan.

Syah, Irfan Padlian. 1970. “Perspektif Hermeneutika Fatima Mernissi Dalam Memahami Hadits Misoginis.” El-Sunnah: Jurnal Kajian Hadis Dan Integrasi Ilmu 4 (2): 91–104. https://doi.org/10.19109/elsunnah.v4i2.18837.

Syamsuddin, Sahiron. 2009. Hermeneutika Dan Pengembangan Ulmul Qur’an. Yogyakarta: Nawesca Press.

Untung, Syamsul Hadi, and Achmad Idris. 2012. “Telaah Kritis Terhadap Hadis Misoginis.” Kalimah 11 (1): 38. https://doi.org/10.21111/klm.v11i1.483.

Usamah, Usamah. 2013. “Pemahaman Hadis-Hadis Misoginis Menurut Ulama Hadis Dan Feminis Muslim Indonesia.” Jurnal Studia Insania 1 (2): 141. https://doi.org/10.18592/jsi.v1i2.1085.

Zain al-Din, Abd Rahman bin Ahmad bin Rajab. n.d. Fath Al-Bariy. Madinah: Maktabah Guraba’ al-Atsariyyah.

Zakaria, Samsul. 2013. “Kepemimpinan Perempuan Dalam Persepektif Hukum Islam (Studi Komparatif Antara Pemikiran Kh. Husein Muhammad Dan Prof. Siti Musdah Mulia).” Khazanah 6 (1): 65–97. https://doi.org/10.20885/khazanah.vol6.iss1.art7.

Downloads

Published

30-12-2023

How to Cite

St. Nur Syahidah Dzatun Nurain. (2023). KEPEMIMPINAN PEREMPUAN: STUDI TENTANG PEMIKIRAN PROGRESIF TOKOH MUSLIMAH MANADO TENTANG HADIS MISOGINIS. AL-MUTSLA, 5(2), 464–487. https://doi.org/10.46870/jstain.v5i2.1094