E-Sport Dalam Industri Game Menjadi Strategi Soft Diplomacy Untuk Memperkuat Pertumbuhan Perekonomian China

Authors

  • Fivi Elvira Basri Institut Agama Islam Negeri Pare Pare

DOI:

https://doi.org/10.46870/jstain.v6i1.1042

Keywords:

E-Sport, Game Industry, Soft Diplomacy

Abstract

Industri e-sport dalam industri game telah menjadi strategi diplomasi lunak yang penting bagi China dalam memperkuat pertumbuhan ekonominya. Artikel ini menggambarkan bagaimana e-sport tidak hanya menjadi hiburan populer, tetapi juga alat untuk memperluas pasar game secara global. China, sebagai pasar terbesar untuk industri game, mengalami pertumbuhan pesat berkat dukungan perusahaan multinasional dan kebijakan pemerintah yang mendukung transnasionalisme. Penggunaan e-sport sebagai instrumen soft power China terbukti efektif dalam mempromosikan budaya game yang berkembang dan mendukung ekonomi digitalnya. Dengan pertumbuhan yang signifikan dalam pendapatan dan jumlah pemain game, China terus memperkuat posisinya sebagai pemain utama dalam industri game global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi Rustandi Kartawinata and Aditya Wardhana. 2014. Bisnis Internasional, 2-3.

Direktorat Ekonomi Digital, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2021. Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020, Halaman 1.

Dosen Sosiologi.com. 2020. "Pengertian Transnasional, Ciri Jenis dan Contohnya." https://dosensosiologi.com/transnasional/.

Hamonangan, I. 2020. "Pasar, Tata Kelola dan Hubungan Transnasional di Era Globalisasi dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Politik Dunia." Jurnal Ketahanan Nasional.

Jean K. Chalaby. 2015. "From Internationalization to Transnationalization." Global Media and Communication: 28-33.

Joseph S. Nye, Jr. 1990. "The Changing Nature of World Power." Political Science Quarterly 105 (2): 179.

Joseph S. Nye, Jr. 1992. "Transnational Relations and World Politics: An Introduction." International Organization 46 (2): 329-349.

Joseph S. Nye, Jr. 2008. "Public Diplomacy and Soft Power." The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science 616 (1): 94-109.

Lai Lin Thomala. 2020. "China Online Gaming Market Size." Statista. https://www.statista.com/statistics/284942/market-volume-of-online-gaming-market-in-china/. Accessed June 22, 2021.

Maxime Gomichon. 2013. "Joseph Nye on Soft Power." Jurnal.

Viviek Kumar Srivastava. 2013. "Soft Power and Soft Diplomacy: Nature, Comparison and Impact." Paper presented at the 7th Annual NNC Conference and PhD Course "The Power of Knowledge: Asia and the West," November 4-8, 2013, University of Southern Denmark, Campus Sonderborg

Downloads

Published

13-07-2024

How to Cite

Fivi Elvira Basri. (2024). E-Sport Dalam Industri Game Menjadi Strategi Soft Diplomacy Untuk Memperkuat Pertumbuhan Perekonomian China. AL-MUTSLA, 6(1), 268–280. https://doi.org/10.46870/jstain.v6i1.1042