ALIRAN ASY’ARIYAH , SEJARAH DAN POKOK AJARANNYA

Studi Pemikiran Islam terhadap Aliran Asy'ariyah

Authors

  • Muhammad Habibullah UIN Alauddin, Makassar Indonesia
  • Indo Santalia UIN Alauddin Makassar
  • Alwi UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.46870/jstain.v6i1.1016

Keywords:

Asy'ariyah, Pemikiran Islam, Mu'tazilah, Abu Hasan al-Asy'ar, Teologi Islam

Abstract

Studi ini membahas pemikiran Islam terhadap aliran Asy'ariyah, salah satu aliran teologis yang penting dalam tradisi pemikiran Islam. Melalui metode studi literatur, penelitian ini mengeksplorasi sejarah berdirinya aliran Asy'ariyah, pokok ajarannya, keterkaitannya dengan aliran Mu'tazilah, serta profil tokoh-tokoh yang mewakili aliran ini. Sejarah aliran Asy'ariyah dimulai dengan Abu Hasan al-Asy'ari, yang memainkan peran sentral dalam mengembangkan pemikiran ini. Asy'ariyah menekankan pada konsep-konsep teologis seperti sifat Tuhan, kekuasaan-Nya, dan peran manusia dalam ketentuan ilahi. Meskipun berbeda dalam pendekatan dengan Mu'tazilah, terdapat titik persamaan yang penting untuk dipahami, sementara pengaruh antara keduanya juga perlu diperhatikan. Profil tokoh-tokoh seperti al-Asy'ari, al-Maturidi, dan al-Ghazali juga disorot dalam kontribusi mereka terhadap pemikiran Asy'ariyah. Studi tentang Asy'ariyah memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang keragaman pemikiran Islam dan warisan intelektual yang penting bagi umat Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdur Razak dan Rosihan Anwar. 2006. Ilmu Kalam. Bandung: Pustaka Setia.

‘Al-Asy’ariyah’. 2008. Jurnal Al-‘Adl 2.

ari, Imam Abu Hasan ‘Ali bin Isma’il al-Asy’. 1993. Al-Ibaanah ‘an Ushul Ad-Diyaanah. IV. Damaskus: Maktabah Daar al-Bayan.

Azis, Ahmad Abdul. n.d. Ensiklopedia Islam.

B., Mulu. 2008. ‘Al-Asy’Ariyah (Sejarah Timbul, Abu Hasan al-Asy’ari Dan Pokok-Pokok Ajarannya).’ Al-’Adl 1 (1): 85–99.

Barsany, K.H. Noer Iskandar al-. n.d. Biografi Dan Garis Besar Pemikiran Kalam Ahlussnnah Waljamaah.

Hatta, Mawardy. 2023. ‘Aliran Mu’tazilah Dalam Lintasan Sejarah Aliran Islam’. Ummu Ushuluddin 12 (1).

Nasution, Harun. n.d. Teologi Islam Aliran-Aliran Sejarah Analisa Perbandingan.

Pramita, S., Ilfah, A., & Sapri, S. 2024. ‘Studi Akidah: Konsep Teologi Dalam Pemikiran Asy’ariyah, Salafi Dan Wahabi’. Asian Journal of Islamic Studies and Da’wah, 2 (1).

Zahrah, Al-Imam Muhammad Abu. 1996. Taariikh Al-Mazaahib al-Islamiyah Fi as-Siyaasah Wa al-‘Aqaaidi Wa Taariikhu al-Mazaahibi al-Fiqhiyah,. al-Qaahirah: Daar al-Fikr al-Arabiy.

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Muhammad Habibullah, Indo Santalia, & Alwi. (2024). ALIRAN ASY’ARIYAH , SEJARAH DAN POKOK AJARANNYA: Studi Pemikiran Islam terhadap Aliran Asy’ariyah. AL-MUTSLA, 6(1), 19–30. https://doi.org/10.46870/jstain.v6i1.1016