PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. GULA PUTIH MATARAM DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Authors

  • Salsabiila Nur Aziizah Salsa Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung
  • Merliana Widyawati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Vicky F. Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.46870/jhki.v2i2.112

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Lingklungan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Perusahan dapat dikatakan sebagai perusahaan yang maju apabila di dalamnya terdapat kinerja karyawan yang baik, baik buruknya suatu perusahaan itu dapat dilihat dari gaya kepemimpinan yang islami di perusahaan, karena gaya kepemimpinanlah yang nantinya dapat menghasilkan kinerja yang optimal, dan begitu juga dengan lingkungan kerja, apabila lingkungan kerja di suatu perusahaan itu berjalan dengan kondusif, maka akan bisa menciptakan kinerja karyawan yang maksimal dalam pekerjaannya itu dianggap sabagai ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Gula Putih Mataram Lampung Tengah Dalam Perspektif Islam.

Penelitian ini termasuk dalam kedalam penelitian kuantitatif. Pernyataan kuesioner diberikan kepada setiap karyawan yang bekerja di  PT. Gula Putih Mataram dengan menyebar kuesioner melalui link google formulir. Selanjutnya pengolahan data kuesioner dilakukan dengan teknik pengujian data yang menggunakan software SMART-PLS. Dari 47 contoh responden, hasil eksplorasi menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan tidak memiliki dampak pasti dan tidak relevan terhadap pelaksanaan pekerja, tempat kerja memiliki dampak positif dan kritis terhadap pelaksanaan perwakilan. Efek samping dari tinjauan ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan tidak memiliki dampak besar pada pelaksanaan perwakilan kecuali untuk tempat kerja jelas mempengaruhi pelaksanaan pekerja. Hal ini di buktikan bahwa seorang karyawan yang lingkungan kerjanya nyaman dan islami maka karyawan akan semakin produktif.

Author Biography

Salsabiila Nur Aziizah Salsa, Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung

Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Salsa, Salsabiila Nur Aziizah, Merliana Widyawati, and Vicky F. Sanjaya. 2021. “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. GULA PUTIH MATARAM DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM”. QISTHOSIA : Jurnal Syariah Dan Hukum 2 (2):86-100. https://doi.org/10.46870/jhki.v2i2.112.

Issue

Section

Articles