Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini di TPA Mesjid Nurul Huda Desa Barumbung Kecamatan Matakali
Keywords:
Kata kunci: Pendampingan Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Arab, Anak Usia Dini.Abstract
Desa Barumbung memiliki mayoritas penduduk beragama Islam dengan pendidikan agama sebagai prioritas utama. Namun, pembelajaran bahasa Arab di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Mesjid Nurul Huda masih minim karena keterbatasan tenaga pengajar dan metode pembelajaran yang menarik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dasar bahasa Arab anak usia dini melalui metode pembelajaran interaktif serta meningkatkan kompetensi guru dalam mengajarkan bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Partisipatif (PAR), yang melibatkan observasi, diskusi, pendampingan pembelajaran. Hasilnya, 85% anak mampu mengenali kosakata dasar, 75% dapat melafalkan 15 kata Arab dengan benar, dan 70% memahami frasa sederhana dalam komunikasi sehari-hari. Guru mengalami peningkatan dalam mengembangkan metode pembelajaran kreatif, sementara orang tua lebih sadar akan pentingnya mendukung anak belajar bahasa Arab di rumah. Temuan ini sejalan dengan teori perkembangan anak yang menekankan pentingnya pembelajaran berbasis bermain dan dukungan lingkungan dalam pemerolehan bahasa. Kesimpulannya, adalah pendampingan bahasa Arab berbasis partisipatif meningkatkan keterampilan anak dan kompetensi guru, serta memperkuat peran orang tua dalam pendidikan agama anak. Model ini dapat diterapkan di TPA lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab secara berkelanjutan.