PENDIDIKAN KEAGAMAAN DAN BUDAYA BAGI ANAK-ANAK

Authors

  • Saifuddin IAI DDI Polewali Mandar
  • Sudirman IAI DDI Polewali Mandar
  • Nursamzinar IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.46870/jam.v3i2.1243

Keywords:

Pendidikan, Masyarakat, Moral

Abstract

Pendidikan di sekolah harus didukung dengan pendidikan di rumah dan di masyarakat, dalam artian bahwa di masyarakat ada tokoh agama dan di rumah ada orang tua yang memiliki peran penting dalam internalisasi nilai-nilai agama pada anak. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif terutama dalam bidang pendidikan keagamaan dan budaya, khususnya bagi anak-anak. Tim pengabdian dari Institut Agama Islam Darus Da’wah Wal Irsyad Polewali Mandar melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat bertemakan "Pendidikan Keagamaan dan Budaya bagi Anak-Anak" di Lingkungan Pulo Tangnga, Kelurahan Amassangan, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Permasalahan di lingkungan pulo tangnga kelurahan Amassangan Kecamatan Binuang menunjukkan perilaku perkembangan moral anak yang terkdang tidak sopan memperlakukan teman seusianya, malas ke masjid, enggan melaksanakan puasa di bulan ramadhan. perilaku tersebut menunjukkan perkembangan moral yang belum optimal pada anak di pulo tangnga. Sehingga pembiaran terhadap permasalah moral anak akan menjadi permasalahan yang serius jika tidak diberi solusi, untuk itu melakukan analisis perkembangan moral anak sejak usia dini menjadi sangat penting

 

 

Downloads

Published

30-12-2024