https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/issue/feed El-FAKHRU 2024-12-31T15:06:12+00:00 Aan setiawan aansetiawan@stainmajene.ac.id Open Journal Systems <p>The journal issues academic manuscripts on Islamic Education Teaching and Islamic Education Studies in either Indonesian or international contexts with multidisciplinary perspective: particularly within scholarly tradition of classical Islam, Educational Studies, and other social sciences.</p> <p> </p> <p> </p> https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/article/view/1148 DAMPAK PEMISAHAN KELAS ANTARA PUTRA DAN PUTRI DALAM PEMBELAJARAN (STUDI KASUS MTS AL-UTSMANI KAJEN) 2024-12-27T10:45:04+00:00 Nilatul Muzkiyah nilatulmuzkiyah@mhs.uingusdur.ac.id Novi Asmaul Khasanah noviaskha308@gmail.com Fina Mawadah finamawadah@mhs.uingusdur.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Di Indonesia diskusi kelas antara putra dan putri atau berdasarkan gender adalah praktik yang masih umum ditemui di berbagai lembaga pendidikan. Pemisahan kelas ini seringkali didasarkan pada alasan aspek keagamaan, sosial budaya, sampai pedagogis. Namun, dengan adanya pemisahan kelas ini pasti memiliki dampak positif dan negatif sehingga perlu diteliti lebih lanjut. Sementara itu kebijakan yang diterapkan di MTs Al-Utsmani Kajen salah satunya adalah perbedaan kelas antara siswa putra dan putri karena profilnya menyatu dengan Pondok Pesantren Al-Utsmani dengan peserta didik semuanya bermukim di Pondok. Oleh karena itu, penulis melakukan studi dan penelitian untuk meninjau dampak ringkasan kelas antara putra dan putri dalam pembelajaran di MTs Al-Utsmani Kajen. Dalam karya ilmiah ini metode yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan dan studi literatur. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat disimpulkan bahwa adanya ringkasan kelas ini hampir semua anak mampu memunculkan indikator yang menyebutkan jenis-jenis emosi yang dirasakan, seperti bahagia, sedih, dan takut. Jadi seperti yang penulis ketahui bahwasannya banyak putra putri yang bermukim di pesantren dan ada juga beberapa guru yang bermukim di pesantren sehingga dalam menerangkan materi mereka lebih leluasa terutama dalam mengajarkan mata pelajaran yang sangat sensitif.</span></span></p> <p><strong>Kata kunci: Pemisahan kelas, prestasi akademik, perkembangan sosial emosional. </strong></p> 2024-12-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 El-FAKHRU https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/article/view/1080 DAMPAK BURUK BEGADANG BAGI SANTRI KELAS 3 SW DAN SMP PONDOK PESANTREN IHYA AS-SUNNAH SINGKUT 2024-12-30T05:14:08+00:00 Wahyu Rizky Romadhon wahyurizkyramadhan.393@gmail.com Izar Ilyassa izarrilyassa@gmail.com Eko Ngabdul Shodikin ekongabdulshodikin@gmail.com <p>Bagi kesehatan begadang atau tidur larut malam memiliki dampak yang negatif bagi santri baik itu fisik, mental, dan akademis. Kurangnya tidur dapat menyebabkan terganggunya proses kegiatan belajar mengajar, mengurangi fokus, kelelahan dan menurunkan imun yang mana hal tersebut akan berdampak kepada menurunya kekebalan tubuh. Efek begadang dalam jangka panjang akan meningkatkan resiko terdampak penyakit kronis seperti, obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Ihya As – Sunnah Singkut khususnya kelas 3 salafiyatul wustho dan Sekolah Menengah Pertama yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para santri tentang dampak tidur larut malam atau begadang. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui studi wawancara dan observasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kritis, dengan model Miles dan Huberman melalui cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan secara berkesinambungan guna memperoleh data spesifik. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu pemahaman tentang dampak tidur larut malam dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 El-FAKHRU https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/article/view/1185 Strategi Internalisasi Karakter Moderat di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kabupaten Pekalongan 2024-12-03T05:41:51+00:00 Mohammad Syaifuddin mohammad.syaifuddin@uingusdur.ac.id <p>Moderasi beragama berbasis pesantren merupakan salah satu upaya pesantren dalam menanamkan nilai-nilai Islam moderat pada santri dan masyarakat melalui cara berfikir yang realistik, serta merujuk pada berbagai sumber yang kompherensif dan konsisten. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam menggali data penelitian. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi yang dilakukan pondok pesantren al-Utsmani dalam menanamkan karakter moderat bagi santrinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter moderat dilakukan melalui kegiatan harian di pondok pesantren berupa kegiatan Madin yang didalamnya terdapat penanaman nilai moderat seperti pembelajaran kitab kuning dan <em>bayyin</em> melalui metode diskusi, kegiatan <em>bahtsul masail, syawir/ musyawaroh, </em>dan kegiatan rutinan (<em>berzanji, dibaiyya, manaqib dan simtu duror</em>). Karakter moderat santri yang terbentuk meliputi karakter toleran, saling menghargai, dan harmonis</p> 2024-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 El-FAKHRU https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/article/view/1082 Komponen Evaluasi Pembelajaran PAI 2024-12-31T15:06:12+00:00 serdi serdihafiz@gmail.com Darmawati darmawati@iainpare.ac.id Abd.Rauf abdullrauuf29@gmail.com Sukman sukman@iainsorong.ac.id <p>Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memainkan peran krusial dalam memastikan tercapainya tujuan pendidikan yang holistik mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Evaluasi yang komprehensif dan tepat memungkinkan pendidik untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses pengajaran, memberikan umpan balik yang berguna, dan terus meningkatkan kualitas pendidikan PAI. Faktor-faktor seperti metode evaluasi, keterlibatan siswa, dan umpan balik berperan penting dalam menentukan efektivitas evaluasi. Secara keseluruhan, evaluasi yang baik dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk perbaikan kualitas pembelajaran.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 El-FAKHRU https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/article/view/1225 Penggunaan Media Busy Book dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiah Peserta Didik di RA Perwanida 3 Saleppa 2024-12-19T11:16:36+00:00 Nurul Hazirah Hamzah nurulhazirah412@gmail.com Zulfianah Sunusi zulfianahsunusi@stainmajene.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik kelompok b di RA Perwanida 3 Saleppa sebelum penggunaan media busy book. (2) Pengetahuan kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik kelompok b di RA Perwanida 3 Saleppa sesudah penggunaan media busy book. (3) Mengetahui apakah penggunaan media busy book dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik kelompok b di RA Perwanida 3 Saleppa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan bentuk desain one group pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 peserta didik kelompok b RA Perwanida 3 Saleppa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar check list observasi, dan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik sebelum penggunaan media busy book berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 1,44. Sebaliknya, kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik sesudah penggunaan media busy book berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 2. Selanjutnya hasil uji Paired Sample t-test menghasilkan nilai sig 0,001 sehingga sig (2-tailed) atau 0,0010,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media busy book dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik kelompok b di RA Perwanida 3 Saleppa.</span></span></p> 2024-12-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 El-FAKHRU