Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat fasilitas sekolah dan mengetahui tingkat prestasi belajar pada mata pelajaran PAI serta mengetahui pengaruh fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 6 Majene. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif, analisis uji coba instrumen dengan bantuan aplikasi SPSS 26, dan analisis uji regresi linear sederhana pada tarafsignifikansi 5%. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini ialah: pertama, fasilitas sekolah di SMPN 6 Majene berada dalam kategori sangat baik dengan persentase 53,2% sebanyak 42 responden. Kedua, mengenai prestasi sekolah pada mata pelajaran PAI, menunjukan prestasi belajar peserta didik berada dalam kategori baik dengan persentase sebesar 73,4% dari 58 peserta didik. Ketiga, hasil analisis diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh thitung 0,200 < ttabel 1,991, pada taraf signifikansi 5% dengan 0,842 > 0,050 maka diperoleh keputusan Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti bahwa tidak ada pengaruh antara fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 6 Majene.

Keywords

Fasilitas Sekolah Prestasi Belajar

Article Details