Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, menganalisis : (1) faktor internal tentang psikologi belajar peserta didik pada mata peajaran pendidikan Agama Islam kelas XI TKRO SMK Negeri 5 Majene, (2) faktor eksternal tentang psikologi belajar peserta didik pada mata peajaran pendidikan Agama Islam kelas XI TKRO SMK Negeri 5 Majene. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini dengan Guru PAI, peserta didik yang mengalami gangguan psikilogi belajar, keluarga dan masyarakat sebagai sumber data. Sedangkan untuk teknis analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) faktor internal psikologi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI TKRO SMK Negeri 5 Majene. Faktor internal ini berasal dari dalam diri yang menimbulkan gangguan-gangguan seperti gangguan penglihatan, gangguan fisik dan gangguan mental yang mempengaruhi efektivitas peserta didik dalam proses pembelajran pendidikan agama islam individu pesesta didik. Faktor internal psikologi belajar yang dialami peserta didik mampu membuat proses pembelajaran menjadi terganggu dan menyebabkan kesulitan belajar peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. (2) faktor eksternal psikologi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI TKRO SMK Negeri 5 Majene. Faktor eksternal berasal dari luar individu peserta didik atau berasal dari lingkungan sekitar peserta didik, hal ini menimbulkan gangguan-gangguan seperti sarana prasarana yang tidak meadai dan mengganggu proses pembelajran Pendidikan Agama Islam, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Faktor ekternal ini berpengaruh terhadap psikologi belajar peserta didik dikarenakan mampu membuat peserta didik tidak efektif dalam memahami materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Keywords

Psikologi Belajar Faktor Internal Faktor Eksternal

Article Details

Author Biography

Nurrahmad, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Penelitian ini bertujuan untuk, menganalisis : (1) faktor internal tentang psikologi belajar peserta didik pada mata peajaran pendidikan Agama Islam kelas XI TKRO SMK Negeri 5 Majene, (2) faktor eksternal tentang psikologi belajar peserta didik pada mata peajaran pendidikan Agama Islam kelas XI TKRO SMK Negeri 5 Majene. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini dengan Guru PAI, peserta didik yang mengalami gangguan psikilogi belajar, keluarga dan masyarakat sebagai sumber data. Sedangkan untuk teknis analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) faktor internal psikologi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI TKRO SMK Negeri 5 Majene. Faktor internal ini berasal dari dalam diri yang menimbulkan gangguan-gangguan seperti gangguan penglihatan, gangguan fisik dan gangguan mental yang mempengaruhi efektivitas peserta didik dalam proses pembelajran pendidikan agama islam individu pesesta didik. Faktor internal psikologi belajar yang dialami peserta didik mampu membuat proses pembelajaran menjadi terganggu dan menyebabkan kesulitan belajar peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. (2) faktor eksternal psikologi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI TKRO SMK Negeri 5 Majene. Faktor eksternal berasal dari luar individu peserta didik atau berasal dari lingkungan sekitar peserta didik, hal ini menimbulkan gangguan-gangguan seperti sarana prasarana yang tidak meadai dan mengganggu proses pembelajran Pendidikan Agama Islam, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Faktor ekternal ini berpengaruh terhadap psikologi belajar peserta didik dikarenakan mampu membuat peserta didik tidak efektif dalam memahami materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam.