STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB
Keywords:
Bahasa Arab, Keterampilan Menyimak, Strategi PembelajaranAbstract
Keterampilan berbahasa Arab merupakan suatu hal yang wajib dikuasai oleh mahasiswa di program persiapan bahasa Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar. Salah satu keterampilan yang patut dikuasai adalah keterampilan menyimak, sehingga peran pengajar sangat penting dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien dalam menunjang pencapaian kompetensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab. Metode penelitian menggunakan field research dengan pendekatan fenomenologi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, prosedur pembelajaran yang dilakukan di program ini menggunakan metode Herbert (ekspository) perpaduan dengan metode al-sam’iyyah al-syafawiyyah (aural-oral) dan analisis masalah (tahlil-al-musykilah). Metode yang digunakan adalah metode al-mubasyarah (direct method), al-sam’iyyah al-syafawiyyah (aural-oral) dan al-ittisaliyyah al-tawas}uliyyah (komunikatif); Kedua, Teknik-teknik pembelajaran yang dipakai ada dua, yaitu teknik penyajian materi (teknik qira’ah al-nas}, syarh al-nass, al-istintaj, dan al-isti’ab) yang memfokuskan pada pembelajaran induktif (khusus ke umum) dengan menjadikan teks bacaan/dialog sebagai pusat pembelajaran bahasa dan latihan-latihan; dan teknik penyajian latihan menggunakan tiga teknik, yaitu tadribat al-anmat, al-dalaliyyah dan al-ittisaliyyah (ta’bir syafawiy dan muhadasah); Ketiga, Strategi evaluasi pembelajaran di Program ini ada tiga jenis evaluasi, yaitu evaluasi formatif test dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran di kelas melalui latihan-latihan, sub sumatif dan sumatif test diberikan di tengah dan akhir semester. Jenis instrument penilaian adalah instrument tes berupa tes lisan, yaitu ta’bir syafawiy atau muhadasah dan tes tulisan, yaitu tes essay dan tes objektif. Kriteria penilaian berupa kemampuan mahasiswa dalam menyimak dan berbicara dengan kosa kata/kalimat-kalimat yang popular dan sederhana, serta dapat membaca dan menulis kalimat yang standar.