Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Via Daring di Indonesia
Keywords:
Bahasaarab, daring, pembelajaran, Via daring, arabAbstract
Di era saat ini, sistem pembelajaran yang diterapkan di Indonesia adalah sistem pembelajaran via daring (dalam jaringan) atau yang biasa disebut sistem pembelajaran online. Hal ini terjadi karena hadirnya sebuah jenis wabah baru di Indonesia yang bernama wabah Covid-19. Keberadaan wabah ini memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap seluruh bidang kehidupan, mulai dari bidang politik, pemerintahan, sosial, ekonomi, kesehatan, bahkan merambah ke bidang pendidikan juga. Dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab saat ini mengharuskan untuk dilakukan secara daring atau secara online. Pembelajaran sistem daring ini memiliki banyak sekali kekurangan di dalam prosesnya. Khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab tentu lebih sulit daripada pembelajaran bahasa Indonesia bagi kita, karena bahasa Arab adalah bahasa asing yang membutuhkan proses yang panjang untuk bisa menguasainya tidak seperti dengan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Arab via daring akan lebih sulit lagi karena harus melalui jaringan, bukan secara langsung (sistem tatap muka). Maka dari itu, penulis berusaha menyajikan berbagai problematika yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Arab via daring di masa pandemi Covid-19 ini, beserta dengan solusi untuk menyelesaikan segala problem tersebut. Berdasarkan rujukan dari para ahli di bidangnya serta merujuk dari makalah, jurnal, serta buku-buku yang berkaitan dengan judul karangan ini. Dalam karangan ini pula penulis juga akan membahas tentang berbagai macam metode dan aplikasi pembelajaran bahasa Arab via daring yang digunakan di Indonesia serta kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaannya. Berikut akan kami bahas secara spesifik dalam karangan ini.
Kata kunci : problematika, pembelajaran, bahasa arab, daring