https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/issue/feed El-FAKHRU 2024-04-08T13:41:17+00:00 Aan setiawan aansetiawan@stainmajene.ac.id Open Journal Systems <p>The journal issues academic manuscripts on Islamic Education Teaching and Islamic Education Studies in either Indonesian or international contexts with multidisciplinary perspective: particularly within scholarly tradition of classical Islam, Educational Studies, and other social sciences.</p> <p> </p> <p> </p> https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/article/view/869 ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMKN 5 MAJENE 2024-04-08T13:41:17+00:00 Rahmat Kurniawan rahmatpiece1@gmail.com siti khumairah fikrillah sitikhumairahf16@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik &nbsp;SMKN 5 Majene, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat starategi guru dalam membentuk kedisiplinan&nbsp; SMKN 5 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis &nbsp;dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik adalah membimbing dan mengarahkan perilaku peserta didik ke arah positif, memperlihatkan perilaku disiplin yang baik pada peserta didik, mengawasi seluruh perilaku peserta didik , mengendalikan seluruh perilaku peserta didik , dan memberikan hukuman atau ganjaran yang sifatnya membangun. Adapun faktor penghambat guru yaitu terdiri faktor internal (kurangya kesadaran diri peserta didik) dan faktor eksternal (keluarga, sekolah, dan masyarakat). Sedangkan faktor pendukung guru yaitu perlunya kerjasama antar sesama guru dan personil disekolah dan kerja sama antara guru dengan orang tua peserta didik.</p> 2024-04-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 El-FAKHRU https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/article/view/651 KONSEP DASAR ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN 2024-03-16T03:40:46+00:00 Hendra Mahardika Supangi hendramahardika364@gmail.com <p><em>This journal explains how analysis in the world of education and how to implement it by the values ​​that lead to changes in the world of education. Educational policy analysis is a procedure using data to produce information as well as for the formulation of solving an educational problem, and also as an applied social science structured with the aim of the substance of educational policy to make it easier to identify problems in education. Therefore the government and certain parties improve and maintain policies that lead to the common good in education.</em></p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 El-FAKHRU https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/article/view/771 PERAN GURU DALAM ADMINISTRASI KURIKULUM 2024-02-27T12:27:06+00:00 Kamus kamusmustamin@stainmajene.com Yuni Purnama Sari yunipurnamasari13@gmail.com <p>Administrasi kurikulum adalah semua proses usaha yang telah terencana dan diusahakan secara sengaja dan bersungguh-sungguh serta pembinaan secara berkelanjutan pada kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efisien demi mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui seperti apa proses kegiatan administrasi kurikulum dan bagaimana peran guru dalam mengimplementasikan administrasi kurikulum di sekolah. Dalam penulisan artikel ini peneliti menggunakan metode penelitian kajian kepustakaan atau <em>library research </em>yaitu meneliti dengan cara membaca buku yang ada di perpustakaan terkait materi yang akan dikaji dan membaca beberapa artikel atau jurnal terkait. Hasil dari penulisan artikel ini yaitu proses administrasi kurikulum yang meliputi empat komponen penting yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, serta guru yang sabfat berperan penting dalam pengimplementasian administrasi kurikulum, yang dimana guru berperan sebagai implementer (pelaksana kurikulum), adapters (penyelaras kurikulum), developers (pengembang kurikulum) dan researches (peneliti hasil implementasi kurikulum). Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa administrasi kurikulum itu sangat penting dan peran guru sangatlah dibutuhkan dalam pelaksanaan administrasi kurikulum demi tercapainya suatu tujuan pendidikan. Semoga artikel ini dapat menjadi rujukan tambahan untuk penulisan artikel selanjutnya.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 El-FAKHRU https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/article/view/656 KUALITAS STRATEGI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMK RADEN RAHMAT MOJOKERTO 2023-12-10T12:17:36+00:00 Edy edykurniawan2497@gmail.com Sigit sigitpriyosembodo.surabaya@gmail.com Nurfitri nurfitri.majene@gmail.com <p>Banyak sekolah yang tidak mampu merekrut peserta didik dan berakhir penutupan sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis (1) kualitas formulasi, (2) kualitas implementasi, (3) kualitas pengendalian, dan (4) kualitas produk strategi rekrutmen peserta didik di SMK Raden Rahmat.</p> <p>Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian yaitu SMK raden Rahmat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah, panitia PPDB, OSIS dan karang taruna. Teknik analisis data yaitui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas (1) formulasi strategi rekrutmen peserta didik SMK Raden Rahmat dilihat dari langkah menetapkan visi misi PPDB, mendeteksi ancaman peluang, kelemahan dan kekuatan, menentukan strategi PPDB, (2) implementasi strateginya yaitu pemilihan ketua panitia PPDB, pembentukan panitia PPDB, rapat koordinasi, publikasi, pendaftaran, seleksi, pengumuman hasil penerimaan, pendaftaran ulang, (3) pengendalian strateginya dengan bekerja sama dengan OSIS dan karang taruna, menyiapkan dua pengawas ruang ujian, ruangan ujian dadakan, menambah kapasitas internet; melakukan evaluasi kerjasama OSIS dalam pelaksanaan seleksi, (4) produknya ditentukan berdasarkan syarat lulus dalam seleksi tes akademik, fisik dan wawancara.</p> 2024-03-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 El-FAKHRU https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru/article/view/773 ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MTS RIBATTULMUTA’ALIMIN: PELUANG DAN TANTANGAN 2024-02-24T03:45:38+00:00 Ulul Albab ululsobirin12@gmail.com Fina Mawadah finamawadah@mhs.uingusdur.ac.id Ferdian Nawawi ferdianannawawi@mhs.uingusdur.ac.id Alif Tito aliftitomarcello@mhs.uingusdur.ac.id Ahmad Ta’rifin tarifinahmad4@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peluang dan tantangan implementasi kurikulum merdeka belajar dalam proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Ribatulmuta’alimin Pekalongan. Penelitian kualitatif ini mengumpulkan data melalu wawancara, observasi, dan&nbsp; studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata pelaksanaan kurikulum merdeka di MTS Ribatulmuta’alimin pekalongan dilaksanakan pada jenjang kelas VII, sementara kelas VIII dan IX Masih menggunakan kuriulum 2013. Proses pembelajaran menggunakan Model problem based learning, Project based learning dan Inquiri based learning, sementara implementasi Merdeka belajar dilakukan melalui beberapa tahapan. implementasi kurikulum Merdeka&nbsp; di MTS Ribatulmuta’alimin mendapatan respon positif dari seluruh pihak termasuk guru, siswa, dan orang tua. Namun demikian, pelaksanaan kurikulum Merdeka di MTS Ribatulmuta’alimin masih terkendala kurangnya pemahaman tenaga pendidik dan orang tua mengenai kuriulum Merdeka, selain itu masih terbatasnya sarana dan prasarana&nbsp; sekolah juga menjadi tantangan tersendiri dalam implementasi kurikulum Merdeka. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan pengembangan pendidikan di madrasah ini</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 El-FAKHRU