Analisis Nilai- nilai Bayan Dalam Kitab Suci Al- Quran Pada Beberapa Ayat

Authors

  • Muhammad Arham Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Saidah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Samsir Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Rastia Arrun Stain Majene

Keywords:

Values, Bayan, sience, Qur’an. , Nilai-nilai

Abstract

Penelitian ini akan membawa kita  pada pengetahuan tentang pentingnya sebuah keindahan dan kejelasan yang ada pada ayat-ayat suci Al-quran yang merupakan wahyu ilahi dengan berbahasa arab. Dalam bahasa arab ada banyak gaya ilmu bahasa yang perlu dipahami dan dikaji lebih dalam agar makna yang tergandung dapat dipetik dengan baik dan benar. Dan kami menggunakan ilmu bayan sebagai alat untuk menganalisis ayat dalam beberapa surah di Al-Quran.

 

Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan penjelasan mengenai Al-Quran, balaghoh, dan bayan. Kemudian penulis mengambil beberapa contoh ayat dalam Al-Quran dengan menggunakan pendekatan makna bayan berupa tasybih, majaz, dan kinayah.

 

Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah menganalisis kandungan tasybih,majaz, dan kinayah sebanyak 13 surah dalam Al-Quran, diantaranya adalah: surah Al-Baqarah:171, Al-Fiil:5, AlQalam:20, Al-Maarij:8, Ibrahim:24-25, Ar-Rahman: 37, Al-Isra’: 23, Al-Alaq: 15, surah Taha: 5, Al-Aadiyat: 2, Al-Fajr: 10, Al-Kahfi: 42, At-Takasur: 2

Downloads

Published

2022-06-30